Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengolah informasi dari internet

Apabila kita telah mendapatkan dan mengunduh informasi yang kita perlukan dari internet, maka untuk selanjutnya kita dapat mengolah dan mengemas informasi tersebut menggunakan program aplikasi pengolah kata seperti Open Office Writer ataupun dalam bentuk presentasi menggunakan Open Office Impress, sehingga informasi yang kita peroleh dapat tersaji dalam format baru sesuai dengan yang kita kehendaki .

Dalam mengolah atau mengedit dokumen tersebut terdapat satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan yakni cantumkan alamat di mana kita memperoleh informasi tersebut. Meskipun kita dapat dengan bebas mengambil dan mengubah isi dari dokumen ataupun artikel yang kita unduh, namun sesuai dengan kaidah etika dalam dunia TIK, maka kita harus tetap menghormati orang atau lembaga yang telah menyusun artikel tersebut.

Untuk mencantumkan alamat dari pembuat tulisan ataupun penyedia dokumen yang kita unduh dapat dilakukan  dengan mudah yakni dengan menyalin (copy) alamat dari situs dimana kita mengunduh dokumen atau artikel tersebut di kolom address bar pada browser. Alamat tersebut dapat dicantumkan di bagian referensi ataupun daftar pustaka. Informasi baik dalam bentuk dokumen ataupun artikel yang kita unduh, dapat kita olah kembali tata bahasanya menjadi bentuk informasi baru, namun tentunya tidak mengubah tema utama ataupun kandungan isi tulisan asli dari internet tersebut. Kitapun dapat melengkapi dokumen kita dengan melampirkan isi dari berbagai sumber, tidak hanya dari satu sumber saja. Juga jika diperlukan, kita dapat melengkapinya dengan gambar –
gambar yang kita unduh dari internet yang tentunya dapat lebih mendukung isi dari informasi yang kita susun.

Untuk cara bagaimana mengolah atau mengedit dokumen sendiri tentunya sudah banyak diulas pada bab sebelumnya yakni bab tentang pengolah kata. Secara umum, hal – hal awal yang perlu di tentukan dalam mengolah dokumen, khususnya dalam aplikasi pengolah kata diantaranya adalah : ukuran kertas, jarak margin atas, bawah kiri dan kanan, format teks (jenis dan ukuran font tentunya harus secara menyeluruh di selaraskan) serta kaidah – kaidah lain yang berkaitan dengan format dari sebuah dokumen. Pada akhirnya kita akan mendapatkan sebuah bentuk informasi baru yang kita susun dari berbagai sumber yang kita unduh dari internet.

sumber : Modul Ajar Teknologi Informasi dan Komunikasi SMP/MTs Kelas Ix Semester 2 PPPTK VEDC Malang


Posting Komentar untuk "Cara Mengolah informasi dari internet"